header-int

FAKULTAS PARIWISATA UNIVERSITAS PANCASILA MENYELENGGARAKAN KEGIATAN BROMO INTERNATIONAL FIELD SCHOOL

Kamis, 24 Mei 2018, 14:55:17 WIB - 41 View
Share
FAKULTAS PARIWISATA UNIVERSITAS PANCASILA MENYELENGGARAKAN KEGIATAN BROMO INTERNATIONAL FIELD SCHOOL

Bromo International Field School ( BIEF )

Merupakan program wisata edukasi besutan Fakultas Pariwisata Universitas Pancasila yang menggandeng Kementerian Pariwisata, University of Westminster Inggris serta Indonesia Ecotourism Network. Peserta program ini juga luar biasa. Terdiri dari 20 mahasiswa dan dosen dari 9 negara, Inggris, Austria, Italia, Bulgaria, Latvia, Lithuania, Rumania, Kolombia dan India. Serta 16 mahasiswa dan dosen dari Indonesia. Semua akan berbaur melalui format studi lapangan (field school). Tujuannya mendapatkan pengetahuan dan pengalaman langsung dari komunitas lokal yang ikut serta dalam ekowisata Kawasan TNBTS. Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 4 Februari sampai dengan 10 Februari 2018.

Pada acara ini hadir Dekan Fakultas Pariwisata Universitas Pancasila Devi Roza K. Kausar, Ph.D, International Director University of Westminste Mr.Dr. Nancy Stevenson, Tris Fasilitator Destinasi  Bromo Tengger Semeru, Ary Suhandy Direktur Indonesia Ecotourism Network (Indecon), Agus Wiyono Forum Ekowisata Jawa Timur, dan Kabid pemasaran area 1 Kementerian Pariwisata RI Wawan Gunawan, Serta para peserta Ecoturism Fileld School.

Dekan Fakultas Pariwisata Universitas Pancasila, Devi Roza K. Kausar, Ph.D. mengatakan “Akan banyak pembelajaran yang di dapat peserta nantinya. Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 4 sampai 10 Februari. Selain berwisata, mereka mendapat pengalaman langsung terkait pelaksanaan ekowisata di desa wisata dan kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS),” Pemilihan kawasan TNBTS sebagai lokasi program juga bukan tanpa sebab. Kawasan tersebut merupakan salah satu kawasan yang ditetapkan sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN). Sebagai kawasan konservasi yang juga merupakan kawasan sakral bagi masyarakat Tengger, kawasan tersebut menawarkan pemandangan yang luar biasa.

TNBTS merupakan kawasan gunung berapi terbesar di provinsi  Jawa Timur. Mengunjungi taman ini dan melihat gumpalan asap keluar dari Gunung Semeru,  gunung api aktif yang berada 3676 meter di atas permukaan laut adalah pengalaman yang luar biasa. Kaldera di taman ini merupakan yang terluas di pulau Jawa, dengan padang pasir tandus seluas 10 km. Di lautan pasir ini ditemukan tujuh buah pusat letusan dalam dua jalur yang silang-menyilang yaitu dari timur-barat dan timur laut-barat daya. Dari timur laut-barat daya inilah muncul Gunung Bromo yang termasuk gunung api yang masih aktif nan memukau. Belum lagi budaya masyarakatnya yang kuat. Budaya Suku Tengger yang melegenda serta unik. Mereka memegang teguh kearifan lokal sehingga dapat bersahabat dengan alam. Ragam upacara adatnya pun menjadi atraksi yang sayang untuk dilewatkan. Salah satunya adalah upacara Yadnya Kasada. Yadnya Kasada merupakan sebuah ritual upacara adat untuk memohon keselamatan, kemakmuran, dan tolak bala kepada Sang Pencipta. Ritual ini sudah diselenggarakan sejak berabad-abad silam saat manusia pertama kali mendiami kawasan kaki Gunung Bromo.

Menteri Pariwisata Arief Yahya pun mengapresiasi program tersebut. Menurutnya ini merupakan salah langkah strategis dalam memperkenalkan destinasi Indonesia. “Trendnya selalu positif. Atraksinya selalu ada. Amenitasnya semakin meningkat dengan makin banyaknya homestay di desa wisata. Aksesnya juga semakin mudah. Baik dari Bandara Juanda Surabaya maupun Bandara Abdul Rachman Saleh Malang. Dengan diadakannya field school seperti ini saya yakin kedepan akan semakin pesat,” kata Menpar Arief Yahya.

 

HUMAS FAKULTAS PARIWISATA UNIVERSITAS PANCASILA

Universitas Pancasila Kampus 1 : Jl. Srengseng Sawah, Jagakarsa Jakarta Selatan 12640 Email : fakultaspariwisata@univpancasila.ac.id Telp : (021) 78885779, SMS : 0822-11333569
24/06/2018 © created by IT PULAHTA Universitas Pancasila -2017 Follow Universitas Pancasila : WhatsappChat Online Facebook Twitter Instagram Linked Youtube