Oleh: Sarojini Imran and Devi Kausar

Program pertukaran dosen dan mahasiswa yang difasilitasi oleh Program Erasmus+ dari The European Commission, sejak November 2021 hingga September 2022 telah dilaksanakan oleh Fakultas Pariwisata Universitas Pancasila Indonesia dan Fakultas Pariwisata Universitas Girona, Spanyol.

Program ini memberikan peluang bagi kedua institusi untuk berkontribusi dalam strategi internasionalisasi melalui kegiatan belajar mengajar bagi dosen dan mahasiswa.
Program pertukaran pengajaran ini diharapkan dapat meningkatkan rasa saling menghormati dan memperluas wawasan kedua institusi. Dosen dapat mengembangkan keterampilan pedagogis dan pengembangan profesional dosen dalam meningkatkan kemampuan mentransfer pengetahuan kepada mahasiswa dari negara lain, budaya, dan perspektif. Sedangkan manfaat bagi siswa adalah memberikan kesempatan bagi mereka untuk memperluas perspektif bidang studi yang mereka pelajari dan memberikan kesempatan kepada mereka untuk belajar dari sistem pendidikan negara lain dan pengalaman menjelajahi budaya yang berbeda dari mereka sendiri.

Mobilitas mengajar melibatkan kunjungan ke Universitas Girona oleh Assoc. Prof Devi Kausar dan Assoc. Prof. Sarojini Imran dari Fakultas Pariwisata Universitas Pancasila, sebagai Visiting Professor dari tanggal 15 – 24 November 2021. Diantara kegiatannya adalah mengajar kelas S1 dan S2, berinteraksi dengan dosen dan Dekan Fakultas Pariwisata Universitas Girona , dan kegiatan pertukaran budaya.

Program mobilitas juga melibatkan mobilitas mahasiswa dan staf dari Universitas Girona ke Universitas Pancasila. Victor Garcia Heras Rodrigues sebagai mahasiswa pertukaran mengikuti Fakultas Pariwisata Universitas Pancasila dari 10 Mei hingga 15 September 2022. Ia mengikuti kelas, international student sharing session, kegiatan pertukaran budaya, field trip ke Jawa Barat dan Jawa Timur, dan melaksanakan magang di Ubud, Bali.

Sedangkan Prof. Lluis Mundet, berkunjung ke Universitas Pancasila pada tanggal 6 – 17 September 2022, untuk melakukan kegiatan pengajaran, pertemuan kerjasama penelitian, kegiatan pertukaran budaya, dan menghadiri acara penandatanganan MoU yang menandai kerjasama kedua universitas di luar Program Mobilitas Erasmus+.

Prof. Lluis Mundet juga mengikuti hybrid seminar yang diselenggarakan oleh Fakultas Pariwisata Universitas Pancasila tentang “Gastronomy Tourism: Present and Future”, sebagai pembicara bersama Chef Vindex Tengker, seorang profesional kuliner yang dikenal karena pengalamannya dalam industri perhotelan di Indonesia dan di luar negeri. Seminar hybrid yang diadakan pada 12 September 2022 ini menarik minat akademisi, mahasiswa, dan khalayak umum dari seluruh Indonesia.

Share with Your Friends