Peningkatan Kapasitas SDM dalam Mengelola Desa Hambalang Menjadi Desa Wisata Berbasis Alam, Religi, & Sport Tourism

Fakultas Pariwisata Universitas Pancasila melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam meningkatkan kapasitas sumber daya manusia atau SDM dalam mengelola Desa Hambalang menjadi desa wisata berbasis alam, religi, & Sport Tourism. Upaya meningkatkan kapasitas SDM warga desa Hambalang ini ditempuh melalui kegiatan pelatihan dan pendampingan Homestay desa wisata, pelayanan prima, perencanaan event, dan pemandu wisata sebagai rangkaian dari program hibah riset keilmuan tahun 2021-riset desa yang diselenggarakan Kementerian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi dan LPDP.

 Pelatihan dan pendampingan diselenggarakan di Desa Hambalang dihadiri oleh perangkat desa Hambalang, para pelaku UMKM, pelaku homestay, tour guide desa, dan perwakilan masyarakat. Pelatihan dan pendampingan pertama dengan materi “Homestay Desa Wisata” disampaikan oleh Dr. Yustisia Pasfatima Mbulu, SST.Par., M.Si dengan menjelaskan fungsi dan kriteria homestay, aspek produk, aspek pelayanan dan aspek manajemen serta penjelasan standar homestay berdasarkan ASEAN Homestay Standard.

Pelatihan dan pendampingan kedua dengan materi “Pelayanan Prima” disampaikan oleh Yosi Erfinda, S.ST., M.Par dengan menjelaskan standar pelayanan prima disektor pariwisata dengan materi pentingnya menjaga service, pemasaran mengenai service mindsetcustomer, kepuasan pelanggan hingga penampilan video service excellent.

Pelatihan dan pendampingan ketiga dengan materi “Perencanaan Event di Desa Hambalang” disampaikan oleh Fetty Rossi, S.ST., M.Par.,CEE dengan menjelaskan mengenali potensi desa terlebih dahulu kemudian melakukan riset dengan menggunakan media kuesioner yang cakupannya berisi konsep dan tema acara, pasar yang dituju, jumlah partisipasi, financial goals, periode penyelenggaraan event, dan lokasi dari event yang direncanakan, kemudian pembentukkan tim kepanitiaan dan menyusun proposal acara.

Pelatihan dan pendampingan keempat dengan materi “Pemandu Wisata” disampaikan oleh Minadiana Salam, S.E dari perwakilan Himpunan Pramuwisata Indonesia-DPD HPI DKI Jakarta. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas SDM Desa Hambalang dalam pengembangan desa Hambalang menjadi desa wisata berbasis alam, religi, & Sport Toursim.

X