ROAD TO SEBA BADUY 2023

Pada hari Selasa, 4 April 2023 Fakultas Pariwisata  menerima  kunjungan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Lebak, Banten dalam rangka mempromosikan  agenda event  yang akan diadakan di Seba  Baduy dengan tema  “Karisma Baduy Pikeun Indonesia Bangkit” yang akan diadakan pada tanggal 27-29 April 2023.  Acara yang dibuka oleh Dekan Fakultas Pariwisata, ibu Devi Roza K. Kausar, PhD, acara  yang hadiri  oleh mahasiswa- mahasiswa FPAR  yang didampingi Ka-Prodi Pariwisata, ibu Sarojini Imran. Peserta mahasiswa merupakan gabungan dari lima kelas  mata kuliah  yaitu  Mata kuliah Komunikasi Pariwisata, Ekonomi Pariwisata, Desain Pariwisata dan Hospitality, Ekowisata, dan Pemahaman Lintas Budaya.  Suasana  dialog yang hangat dan akrab disampaikan oleh tiga pembicara dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Lebak yaitu  Bapak Iwan Setiawan Amarullah, S. Pd., MM (Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif), Saudari Elyta Sri Indriyani, S. Par  (Fungsional Umum), dan bapak Ali Surahman, SSN (Tenaga Ahli Pariwisata dan Budaya)

Harapan dari Sosialisasi dan promosi  ini adalah mengajak para mahasiswa dan dosen Fakultas Pariwisata Universitas Pancasila untuk berkunjung ke Baduy menghadiri acara di Sebak Baduy. Seba Baduy adalah salah satu upacara adat Warga Baduy diantara beberapa upacara adat Baduy lainnya, yang dilaksanakan untuk kegiatan ritual tahunan sebagai wujud syukur karena selama setahun mendapatkan kelimpahan hasil pertanian ladang. Event akan disemarakakan dengan berbagai acara seperti lomba  fotografi, lomba video reefs, Perkemahan, kunjungan mini  museum  Baduy.  Harapan lain adalah timbulnya rasa keperdulian sivita akademika dan keinginan melestarikan  budaya Baduy,  sehingga harapan lain adanya  kerjasama lebih lanjut  dari berbagai pihak.  

Suku  Baduy merupakan suku asli Sunda Banten yang masih menjaga tradisi anti modernisasi yang sudah menjadi   Suku Baduy yang tinggal di kawasan Cagar Budaya Pegunungan Kendeng seluas 5.101,85 hektare di daerah Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak.  Pada saat ini ada kelompok  mahasiswa FPAR  yang sedang berkunjung  ke Baduy dalam studi observasi dari mata kuliah Studio Perencanaan  Pariwisata dan yang di bimbing oleh dosen Prof M. Yuwana Marjuka dan Bu Devi Roza K. Kausar.

Sumber : https://www.bantenprov.go.id/

INSTAGRAM @disbudparlebak

NOMOR TELEPON 0812-9466-6644

WEBSITE www.lebakunique.id

X