Pancasila Tourism Days: Memperkenalkan Budaya dan Kuliner Jalur Sutera

Kegiatan Live Talkshow ini dibawakan oleh berbagai narasumber yang kompeten dibidangnya. Pembicara pertama yaitu Dr. Ir. Sarojini Imran, M.Si. selaku Dosen Fakultas Pariwisata Universitas Pancasila yang membahas mengenai Gatronomi.

Pembicara kedua yaitu Maxalmina Tuizzu selaku Alumni dari Fakultas Pariwisata Universitas Pancasila yang membahas mengenai kewirausahaan.

Dan pembicara terakhir yang tidak kalah penting yaitu Chef Agus Prastyo selaku Sous Chef at Mandarin Oriental Hotel Group yang membahas mengenai kuliner dan masakan dari berbagai negara  di Jalur Sutera yang pernah dihidangkan di hotel.  

Ketiga narasumber ini membahas mengenai berbagai potensi makanan tradisional untuk mendukung kemajuan daerah asal makanan tersebut, pengolahan yang baik ternyata penting dilakukan agar makanan tersebut menjadi trend baik dalam negeri maupun luar negeri. Selain itu, pengenalan berbagai macam kuliner dari Jalur Sutera dan potensinya yang luas terhadap dunia pariwisata kerap dibahas. Contoh dampaknya seperti banyaknya masyarakat dari berbagai kalangan yang mulai membuka usaha kuliner.

Live Talkshow berlangsung meriah dihadiri oleh 135 peserta dari berbagai instansi. Banyak sekolah dan universitas yang hadir pada kegiatan live talkshow, diantaranya :

  • SMA/SMK yang mengikuti kegiatan Talkshow di Fakultas Pariwisata Universitas Pancasila:
  1. SMAN 109 Jakarta
  2. SMA Angkasa 2 Jakarta
  3. SMA Kartika V-III 1
  4. SMA Pattimura
  5. SMKI Wijaya Kusuma
  6. SMKN 62 Jakarta
  7. SMKN 66 Jakarta
  8. SMK Sumbangsih
  9. SMK Teladan
  • Universitas yang Mengikuti kegiatan Talkshow di Fakultas Pariwisata Universitas Pancasila :
  1. Universitas Nasional
  2. Universitas Gunadarma
  3. Polimedia Seni Kuliner
  4. Universitas Pancasila
  5. Universitas Indonesia
  6. UIN Jakarta
  7. UIN Malang

Selain kegiatan Live Talkshow adapun kegiatan lain dihari kedua yaitu Live Music dengan persembahan menarik dari 9 talent diantaranya :

  1. Bengkel Seni dari Fakultas Farmasi yang menampilkan lagu  Kahitna – Cantik  
  2. Sansekerta dari Fakultas Pariwisata, yang menampilkan dance dari 2NE1 – I AM THE BEST
  3. PEAD yang menampilkan beberapa lagu DEWA 19 yaitu Separuh Nafas, Cinta kau dan Dia, Dewi, dan Arjuna  
  4. Kipas yang menampilkan lagu The Overtunes – Bicara, Nidji – Hapus Aku, Fiersa Bersari – Celengan Rindu
  5. Pancasila Berkaraoke membawakan lagu – lagu yang bervariasi  
  6. BUNKER 225 menampilkan lagu Kau Pemeran Utama di Sebuah Opera – The Jansen, Rayakan Pemenang – Morferm, Wanita Masih Banyak – Stand Here Alone, Morfem – Kuning
  7. Arkata menampilkan lagu Totally Done, Overthinker, I Don’t Know Why, Lewis Watson – Because Of You, dan RadioHead – No Surprises
  8. Rays Cheerleaders menampilkan dance ciptaannya  
  9. Sendal Jawa dari Fakultas Hukum menampilkan lagu ciptaannya yaitu Live in California, Wild Mind, Baby I’ve Got Time, dan Free Bird (Lynyrd Skynyrd)

Dengan diadakannya acara Pancasila Tourism Days atau PANTOUDAYS diharapkan dapat menjadi ajang yang bermanfaat dalam mempererat tali silaturahmi antar sekolah dan kampus, serta menjadi wadah bagi kreativitas dan inovasi mahasiswa/i dan siswa/i dalam mengembangkan potensi di bidang pariwisata. Selain itu, melalui acara ini diharapkan dapat memberi pengetahuan mengenai sejarah Jalur Sutera, kuliner, budaya, dan permainan tradisional dapat semakin dikenal dan diapresiasi oleh generasi muda saat ini.  

 —

Nama Penulis

  1. Marsha Desty Ferentya (8022210030) Divisi PhD (Humas)
  2. Mahesa Yudistira (8022210069) Divisi PhD (Humas)
X