Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru Fakultas Pariwisata Tahun Ajaran 2023/2024

Pada tanggal 30-31 Agustus 2023, Fakultas Pariwisata telah menyelenggarakan rangkaian acara “Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru” (PKKMB) yang mengangkat “Together We Can” The Generation Z: Shaping The Future New Tourism Habits Through Industrial Revolution 4.0 & 5.0. Kegiatan diselenggarakan di Aula Fakultas Pariwisata Universitas Pancasila. Acara PKKMB diisi dengan berbagai macam kegiatan, mulai dari Penyampaian materi mengenai dunia perkuliahan, Talkshow, Games, Campus Tour, sampai penampilan musik. Kegiatan – kegiatan tersebut dapat bermanfaat bagi mahasiswa/i baru Fakultas Pariwisata, bersama Organisasi Senat Mahasiswa Fakultas Pariwisata selaku panitia pelaksana.

Kegiatan hari pertama dibuka oleh Dekan Fakultas Pariwisata yaitu Ibu Devi Rova Kautsar, Ph.D.,CHE dan sambutan beberapa dosen sampai staff-staff Fakultas Pariwisata. Pembuka acara berlangsung dengan baik dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Pancasila oleh seluruh mahasiswa baru tahun ajaran 2023/2024. Disusul dengan penampilan menarik yaitu tarian yang ditarikan oleh anggota UKM Sansekerta Fakultas Pariwisata.

Acara hari pertama dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Bapak I Made Adhi Gunandi, SIP., M.Si.Par., CEE dengan tema “Adaptasi Akademik: Putih Abu-Abu Menuju Penuh Warna.” yang dimana membahas peralihan kehidupan putih abu-abu ke masa perkuliahan. Penyampaian materi berlangsung kondusif dengan banyaknya mahasiswa – mahasiswa yang aktif membahas mengenai perbedaan semasa SMA dengan dunia perkuliahan.

Setelahnya dilanjut dengan materi “Aktivitas Pendidikan dan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Fakultas Pariwisata” yang dibawakan oleh Ibu Dr. Ir. Sarojini Imran, M.Si yang membahas mengenai aktivitas MBKM di Fakultas Pariwisata mulai dari kegiatan – kegiatan MBKM di lingkungan Fakultas sampai manfaat dari MBKM itu sendiri. Penyampaian materi berjalan lancar dengan banyaknya mahasiswa – mahasiswa yang aktif disaat proses penyampaian
materi.

Materi lainnya disampaikan oleh Bapak Meizar Rusli, SST. Par., M.Sc dengan tema “Membangun Kehidupan Berbangsa Bagi Mahasiswa Maupun Aktivis Akademik di Lingkungan Pariwisata.” Materi ini sukses diselenggarakan selama satu jam dengan upaya agar mahasiswa baru Fakultas Pariwisata dapat mengembangkan nilai – nilai kehidupan yang berbangsa di lingkungan Fakultas Pariwisata.

Tidak hanya materi – materi, kegiatan menarik seperti Ice Breaking ini disembakan guna mencairkan suasana dan pikiran para peserta PKKMB. Ice Breaking tebak lagu menarik minat para peserta hingga berlomba – lomba menebak lagu dengan benar.

Dilanjut dengan materi yang wajib disimak dengan tema “Hak dan Kewajiban Mahasiswa & Sistem Keuangan Fakultas Pariwisata & Pengenalan Sistem Pembelajaran (LMS & SIAK) Fakultas Pariwisata” yang disampaikan oleh Ibu Nungky Puspita, SE., MM., CHE dan staff Fakultas Pariwisata. Materi ini berupaya memberikan informasi mengenai penggunaan LMS dan SIAK yang akan mahasiswa/I gunakan semasa perkuliahan.

Selain narasumber internal seperti yang sudah disebutkan di atas, narasumber eksternal ikut andil dalam kegiatan PKKMB tahun ajaran 2023/2024 ini. Yaitu Bapak Adi Putera selaku narasumber PIGIJO dengan tema “Smart Tourism di era Society 5.0”. Materi ini diupayakan dapat memberikan informasi seputar Smart Tourism dalam penerapan di industri Pariwisata.

Kegiatan selanjutnya diisi dengan penyampaian materi tentang “Pengenalan SEMA & BPM F.Par KMUP” yang disampaikan oleh Saudara Arjjuna Girindrawangsyaya dan Saudara Surya Henry Abadi. Menjelaskan mengenai kelembagaan yang ada didalam Fakultas Pariwisata agar para mahasiswa baru dapat mengetahui seputar kelembagaan dan tertarik untuk ikut serta dalam kelembagaan nantinya.

Dilanjut dengan pengenalan UKM Fakultas Pariwisata yaitu Sansekerta oleh para anggota. Pengenalan ini diharapkan agar mahasiswa baru dapat tertarik untuk gabung kedalam bagian UKM Sansekerta.

Selanjutnya Pengenalan HMPI (Himpunan Mahasiswa Pariwisata Indonesia) oleh Saudari Tiara Aprilia dan Saudari Syahla Azkiya selaku anggota HMPI. Salah satu bahasannya ialah mengenai penjelasan HMPI beserta program kerja yang HMPI lakukan.

Acara ditutup dengan materi sharing bersama mahasiswa/i berprestasi Bersama Kak Ajeng Ramhania Dwi Citra pemenang lomba hibah kewirausahaan oleh KEMENDIKBUD Ristek, Kak Yusfi Shabrina pemenang berbagai lomba yaitu peraih dana hibah pada program KKWP tahun 2022, 7 besar Wonderpreneur fest tahun 2023 pada kategori business idea, dan juara 2 Wonderpreneur fest tahun 2023 kategori BMC. Kak Arya Matea peraih juara III Creative Event Proposal Cometition. Sharing – sharing mahasiswa/I berprestasi ini diharapkan dapat memotivasi para mahasiswa baru untuk dapat mengikuti jejak Kakak – kakak berprestasi tersebut.

Pada hari pertama, acara PKKMB berlangsung lancar dengan kehadiran narasumber – narasumber yang sudah kompeten, tetapi dihari kedua ini tidak kalah menarik dikarenakan terdapat beberapa narasumber lainnya.Acara diawali dengan kegiatan sarapan Bersama sebelum memasuk materi – materi menarik.

Materi pertama ini dengan tema “Bincang alumni berbagi inspirasi: Haruskah Membangun Relasi Sebelum Lulus Kuliah” yang disampaikan oleh Alumni Fakultas Pariwisata Angkatan 2014 & 2015 yaitu Kak Firra dan Kak Akbar. Diharapkan agar mahasiswa baru dapat membangun relasi yang baik di lingkungan perkuliahan.

Materi kedua dilanjutkan dengan tema “Kuliah nyaman berkarakter di lingkungan Fakultas Pariwisata dan kegiatan GREEN activity: Bergotong royong membersihkan Fakultas Pariwisata dan Menanam Pohon” oleh Pak I Made Adhi Gunandi, SIP., M.Si.Par., CEE. Kegiatan ini membawa semangat para mahasiswa baru dikarenakan mahasiswa dapat terjun langsung untuk dapat menanam pohon bersama di lingkungan Fakultas Pariwisata.

Materi ketiga dibawakan oleh Komisariat Angkatan atau biasa disebut KOMTA mulai dari KOMTA 2018 sampai 2022. Materi ini menjelaskan seputar KOMTA beserta manfaat dari adanya KOMTA di Fakultas Pariwisata.

Pada hari kedua, pemateri eksternal yang ikut andil dalam acara PKKMB ialah Ibu Fadhilah Amalia selaku narasumber SAUH Psikologi. Materi yang ia bawakan dengan tema “Membentuk Karakter Mahasiswa : Menggali Potensi Diri di Era Revolusi Industri 4.0 & Society 5.0.” Materi yang disampaikan oleh Ibu Fadhilah membawa dampak serta pengaruh positif untuk para mahasiswa baru untuk lebih mengenai potensi dirinya agar dapat digali serta dikembangkan.

Selanjutnya kegiatan POS TO POS dan TOUR FAKULTAS yang disetiap pos berisikan materi – materi seputar Fakultas Pariwisata dan Ice Breaking. Kegiatan terakhir diisi dengan Penampilan Musik oleh Mahasiswa/I Fakultas Pariwisata yaitu Kak Gustin Adriella Rachel Pramesti, Kak Hanif Hartono, dan Kak Nathanael Amos Souisa yang membawakan lagu berjudul “Officially Missing You”.

Acara PKKMB hari kedua ditutup oleh MC dan acara PKKMB Fakultas Pariwisata diakhiri oleh sambutan penutup oleh Ibu Devi Rova Kautsar, Ph.D.,CHE selaku Dekan Fakultas Pariwisata.

Nama Penulis :
1. Adinda Fadia Rahma (8022210002) Divisi Acara
2. Andaru Puan Bhanuwati (8022210009) Divisi Acara
3. Zagita Sahra (8022210012) Divisi Acara
4. Marsha Desty Ferentya (8022210030) Divisi Acara
5. Joy Gladness (8022210056) Divisi Acara

X